PRINGSEWU – LAZ ABA Kantor Perwakilan Program (KPP) Lampung Pokja Kabupaten Pringsewu mengadakan kajian tentang zakat maal, di Masjid Al – Wustho, Kelurahan Pringsewu Timur, Pringsewu, Rabu (10 April 2019). Acara yang mengangkat tema ‘Zakat Maal Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Dhuafa’ ini menghadirkan narasumber Ustadz Abdun Nafi’, S.Pd.i yang merupakan Dewan Syari’ah LAZ ABA Pusat Jakarta.

Acara dibuka dengan tilawah Al – Qur’an, kemudian sambutan takmir Masjid Al – Wustho, bapak Mansur. Dirinya mengucapkan terimakasih kepada LAZ ABA yang telah bekerjasama, dimana acara kajian tentang zakat sangat langka. “Kami berharap dengan acara kajian seperti ini nantinya dapat memberikan ilmu yang bermanfaat untuk umat, khususnya jama’ah Masjid Al – Wustho dan lainnya,” ujarnya.

 

Sambutan kedua disampaikan oleh Ketua LAZ ABA Lampung Dwi R. Susilo. Dirinya menyampaikan program – program LAZ ABA, diantaranya adalah program ekonomi. “Zakat maal yang dikelola pada dasarnya mampu mengentaskan kemiskinan melalui program pemberdayaan ekonomi dhuafa dan ini yang menjadi tujuan kami mengadakan kajian ini,” katanya. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan disambut antusias oleh jama’ah.

Sementara itu, Ketua LAZ ABA Pringsewu Ustadz Latif Al Imami berharap acara kajian seperti ini dapat meningkatkan keilmuan dan menyadarkan masyarakat akan wajibnya zakat maal bila telah sampai nisab dan haulnya. Dirinya kemudian memaparkan program – program LAZ ABA dibidang pemberdayaan ekonomi dhuafa melalui zakat maal.

“Pemberdayaan zakat maal yang akan digulirkan oleh LAZ ABA kedepan adalah dalam bentuk pemberian kambing untuk dhuafa, pemberian bibit kebaikan dan pemberian grobak maslahat untuk dhuafa. Dengan harapan kedepan meraka yang sekarang mustahik (berhak menerima zakat) dapat menjadi muzakki (yang mengeluarkan zakat) dikemudian hari,” pungkasnya.(*)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *