TUBABA – Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA) Pokja Tulang Bawang Barat (Tubaba) baru saja melakukan kegiatan sosial kepada masyarakat yaitu Program Bedah Rumah di Desa Candra Kencana RT O34/RW 006 Kabupaten Tubaba pada Minggu, 25/11/2018. Kegiatan tersebut dilakukan atas inisiatif pengurus LAZ BM ABA yaitu Bapak Kurniadi selaku Penasihat LAZ BM ABA Pokja Tubaba yang mengetahui keadaan salah seorang warga yang sangat membutuhkan bantuan.

Program bedah rumah itu digulirkan sebagai wujud kepedulian terhadap warga dhuafa yang kondisinya sangat kekurangan. Adalah Bapak Sudarno (44 th) yang hidup seorang diri, tinggal di sebuah gubuk yang nyaris roboh di Desa Candra Kencana. Dialah yang mendapat bantuan program Bedah Rumah atas prakarsa LAZ BM ABA Pokja Tubaba.

Rumah sebelum di renovasi

Kondisi Bapak Sudarno sendiri sangat memprihatinkan. Beliau mengalami cacat fisik di kaki kirinya akibat kecelakaan dulu sewaktu kecil. Pekerjaan hariannya tidak menentu (serabutan), namun dia sangat loyal membantu tetangga atau orang lain yang meminta tolong kepadanya.

Pada kesempatan itu, Surino selaku Ketua LAZ BM ABA Pokja Tubaba menyampaikan bahwa melalui Program Bedah Rumah ini kami ingin membantu Bapak Sudarno agar dapat menempati rumah yang layak huni dan nyaman. Kondisi rumah yang sekarang sangat mengkhawatirkan karena hampir roboh.

Hasil Bantuan untuk Bedah Rumah Menghabiskan Dana sejumlah Rp 10.000.000 yang merupakan sumbangan dari beberapa dermawan/donatur dan dari LAZ BM ABA Pokja Tubaba. Selain itu, LAZ BM ABA juga ikut membantu dengan tenaga saat gotong royong membongkar rumah yang dibedah. Beberapa pengurus hadir dalam kegiatan tersebut sekaligus bersama warga ikut bahu membahu, mendirikan pondasi rumah baru untuk Bapak Sudarno.

 

Atas bantuan tersebut, pamong Desa Candra Kencana(Kepala Tiyuh) Yaitu Bpk Saiful sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada LAZ BM ABA karena telah peduli dengan warganya yang sangat membutuhkan. Dirinya merasa terharu masih ada lembaga yang peduli dengan nasib para dhuafa yang hidupnya serba kekurangan.

Program bedah rumah itu telah dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 25-26 November 2018. Hasilnya sekarang sudah nyata yaitu sebuah rumah sederhana berbahan batu bata dan papan. Meskipun sederhana, rumah tersebut sudah layak ditempati oleh Bapak Sudarno.

Beliau sangat berterima kasih kepada warga sekitar dan LAZ BM ABA atas bantuan bedah rumah bagi dirinya. Semoga donasi dan infak para dermawan yang telah membantu, akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda dari Allah Swt. (*rino)

#Lazbmabalampung
#Pokjakabupatentubaba
#Programsosialbedahrumah
#Maslahatuntukumat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *