sholat ialah tiang agama dan sangsi besar bagi orang yang tidak menjalankanya dimana ALlah sangat senang jika hamba-Nya tekun dalam menjalankanya dan senantiasa khusyuk dalam melakukanya

Seorang muslim ketika melaksanakan rukun Islam khususnya salat, maka ia harus selalu ingat kepada Allah. Manusia sebagai makhluk Allah harus selalu ingat Allah di mana pun dan kapan pun selama hidup agar tidak melakukan perbuatan keji dan mungkar. Setelah melaksanakan salat kita diharapkan dapat berperilaku mulia dan hidup rukun terhadap sesama manusia.
Surah Al Ankabut Ayat 45 menyatakan sebagai berikut.

al ankabut 45
Artinya: “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikan salat, sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain) dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. “(QS Al Ankabut: 45).

sesuai syarat dan rukunnya. Hakikat salat yaitu menghadapkan jiwa (hati) kepada Allah swt. untuk menumbuhkan rasa takut kepada-Nya serta mengakui keagungan dan kesempurnaan-Nya.

sholat1

Manfaat dan Hikmah Salat

Seluruh perintah Allah swt. tidak mungkin menyusahkan manusia. Hal ini dinyatakan dalam firman-Nya berikut ini.

Artinya: ‘’Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah.” (QS Taha: 2).

Allah membuat perintah kepada manusia justru untuk memberikan jalan kemudahan kepada manusia agar selamat di dunia maupun di akhirat. Demikian pula perintah Allah tentang salat, banyak sekali manfaatnya, terutama bagi keselamatan dan kesejahteraan manusia, di antaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Melalui salat, Allah akan mencegah manusia dari perbuatan keji dan mungkar. (keterangan selanjutnya lihat QS Al Ankabut: 45, QS Ali Imran: 134-136, QS Al Maidah: 90: 90-91, QS An Nur: 21, 22, dan QS Asy Syura: 36-38).
  2. Melalui salat, Allah akan memberikan rahmat, petunjuk, dan keberuntungan.Surah An Nur Ayat 56
  3. Melalui salat, Allah swt. memberikan rida-Nya dan Allah memberikan kesudahan yang baik. Hal itu dijelaskan Allah pada Surah Ar Ra’du Ayat 22.
  4. Melalui salat, Allah meng- hilangkan rasa khawatir dan sedih pada hamba-Nya. Hal itu dijelas- kan Allah pada Surah Al Baqarah Ayat 277
  5. Melalui salat, Allah akan memberi ampunan, rezeki, dan ketinggian derajat. Hal itu dijelaskan pada Surah Al Anfal Ayat 3-4.
  6. Melalui salat, Allah mencegah manusia daw keluh kesah dan kikir. Hal itu dijelaskan pad:- Surah A1 Ma’arij Ayat 19-23.
  7. Selain menjalankan perintah agama dan mengobati kerin- duan jiwa pada Sang Pencipta, salat juga punya efek samping menyehatkan jiwa dan jasmani.

*_MAU TAHU APA YANG MEMBUAT ALLAH SENANG ???_*

Nabi Musa : Wahai Allah, aku sudah melaksanakan ibadah. Lalu manakah ibadahku yang membuat Engkau senang ?

Allah :
SHOLAT ? Sholat mu itu untukmu sendiri, karena dengan mengerjakan sholat, engkau terpelihara dari perbuatan keji dan munkar.

DZIKIR ? Dzikirmu itu hanya untukmu sendiri, membuat hatimu menjadi tenang.

PUASA ? Puasamu itu untukmu sendiri, melatih dirimu untuk memerangi hawa nafsumu sendiri.

Nabi Musa : Lalu apa ibadahku yang membuat hatiMu senang Ya Allah ?

Allah : SEDEKAH, INFAQ, ZAKAT serta PERBUATAN BAIKmu.
Itulah yang membuat AKU senang, karena tatkala engkau membahagiakan orang yang sedang susah, AKU hadir disampingnya. —Dan AKU akan mengganti dengan ganjaran 700 kali (Al-Baqarah 261-262)—

Nah, bila kamu sibuk dengan ibadah ritual dan bangga akan itu… maka itu tandanya kamu hanya mencintai dirimu sendiri, bukan Allah.
Tapi, bila kau berbuat baik dan berkorban untuk orang lain… maka itu tandanya kau mencintai Allah dan tentu Allah senang karenanya.
Buatlah Allah senang maka Allah akan limpahkan rahmat-Nya dengan membuat hidupmu lapang dan bahagia

(Kitab Mukasyafatul Qulub Karya Imam Al Ghazali)

Saudaraku seiman sebarkanlah ilmu ini,, agar makin Barokah. In Syaa’ Allah pahalanya slalu mengalir kpdmu,, walaupun anda sdh tiada..!!!!.
Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin.
💫💫💫💰💰💰❤❤❤✅✅✅

Salurkan donasi anda melalui :
.
💰💰💰 DONASI
🏧 TRANSFER
Bank Syariah Mandiri
no rek 7000.359.313
an Yayasan Abdurrahman bin Auf
.
Konfirmasi donasi
💦 Azzam
WA. 0813 8623 2086
Hp. 0838 0605 5744
.
Atau bisa mendatangi
🏡 kantor kami di
Jl. Makrik no. 38 RT 004 RW 025, Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kec. Rawalumbu, Kota Bekasi 17116.
.
.
📌📌📌
Follow IG
*https://www.instagram.com/fundraisingforcharity/*
Website
www.baitul-maal.com
Fanpage
*https://www.facebook.com/bayt.almaal.abdurrahmanbinauf*
Twitter
*www.twitter.com/laz_bm_aba*
.
.
Contact Information
💦0812-1344-9993 (Rahayuno)
💦0812-1837-424 (Ust. Jaya)
.
.
#fundraisingforcharity
#lazbmabajakarta
#lansiamengaji
#sedekahjariyah