Petobo, Palu – Kita telah melihat di video yang viral  di sosial media bagaimana dahsyatnya bencana likuifaksi dimana rumah dan warga tertelan oleh tanah yang mencair dan menyedot kebawah.LAZ BM ABA melalukan evakuasi pencarian para korban di bawah lumpur bersama dengan beberapa lembaga relawan.

Pencarian di fokuskan di Desa Petobo yang memang banyak terkena dampak dari informasi media Kompas bahwa ada 5000 orang yang tinggal di daerah ini hingga Jono Oge. Kita bisa membayangka betapa masifnya jasad yang tertimbun di bawah lumpur.

Para relawan menerima briefing dan pembagian tugas per wilayah titik kerja evakuasi. Hal ini karena luasnya wilayah garapan pencarian korban

Tim bekerjasama dengan lemabga relawan lainya mulai mencari. Kegiatan ini di pandu oleh Escavator Back Hoe untuk mencangkul tanahnya.Para relawan yang di atasnya membantu mengangkat korban yang ditemukan.Kemudian membawanya untuk di kuburkan  dan seperti itu proses kerja evakuasi korban

Proses evakuasi terus berlanjut tiap hari dan pada berita ini di ambil pada Kamis 10 Oktober 2018 telah di temukan174 jasad dalam sehari. Bisa dibayangkan betapa banyaknya dan sibuknya operasi mengevakuasi jasad.

 

Relawan LAZ BM ABA mengirimkan orangnya Bapak Rahayuno dari Jakarta untuk berpartisipasi dalam pencarian, beliau begitu bersemangat dalam mencari para korban.Harapan beliau sederhana agar para korban bisa cepat ditemukan dan dipindahkan pada tempat yang layak saja.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *