Impian ‘rumahku istanaku’ (Baiti Jannati) telah diwujudkan dalam Islam. Menguping, memata-matai atau membuat jengkel tetangga anda tidak diperbolehkan. Jika Anda telah mengetuk pintu tiga kali dan mereka belum membukakakan pintu, tinggalkan mereka dengan damai . Pendeknya ; urusi urusanmu sendiri !

Tetapi kehausan akan ilmu , rasa ingin tahu intelektual. Adalah sesuatu yang sama sekali berbeda menurut Al Qur’an maupun sunnah, mencari pengetahuan merupakan kewajiban bagi tiap Muslim. Dalam berbagai kesempatan Al Qur’an mendorong kita untuk dapat meningkatkan pengetahuan  20;14)

Sangat mungkin untuk memahami wahyu pertama yang diturunkan kepada Muhammad (ayat 1 -5) dari surat Al Alaq– sebagai dorongan untuk memelajari ketrampilan membaca dan menulis…..

Seorang muslim yang sejati dan suka merenung akan memikirkan Tuhan dan ciptaanNya saat dia berdiri, duduk dan berbaring .  Begitu pula menurut sebuah peribahasa Muslim popular, orang harus terus mencari pengetahuan  meskipun itu berarti harus pergi sampai ke negeri Cina. Untuk saat ini mencari pengetahuan lebih tinggi memungkinkan kita harus pergi ke bulan.

Nabi sangat menghormati ilmu pengetahuan dan upaya untuk belajar , diriwayatkan bahwa  beliau berkata : “Pada hari Kiamat tinta dari para ulama dan darah para syuhada akan ditimbang – dan tinta para ulama akan lebih berat dibanding darah syuhada .”

Para sahabat Nabi termasuk  para khalifah pertama, menanggapi seruan ini dengan sungguh-sungguh , seperti yang digambarkan dengan bagus sekali melalui jawaban Ali Ibn Thalib ketika dia ditanya apakah dia menggunakan dokumen-dokumen tertulis lainnya selain Al Qur’an. “ Tidak “ Jawabnya, Tidak ada yang lain kecuali kitab Allah.

Kegemaran para Muslim generasi emas untuk mencari tahu ini ditambah dengan kesiapan untuk selalu mengasah otak merupakan landasan yang tepat bagi perkembangan luar biasa atas ilmu–ilmu Islam sejak akhir abad kedelapan dan seterusnya. Berikut sebagai pemicu , diantaranya  14 tokoh  dari banyak tokoh-tokoh ilmuwan Islam :

[one_half last=”yes” spacing=”yes” center_content=”no” hide_on_mobile=”no” background_color=”” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” background_position=”left top” hover_type=”none” link=”” border_position=”all” border_size=”5px” border_color=”#0d793f” border_style=”solid” padding=”” margin_top=”” margin_bottom=”” animation_type=”fade” animation_direction=”left” animation_speed=”1″ animation_offset=”bottom-in-view” class=”” id=””][fusion_text][fusion_text]

BACA JUGA :

[/fusion_text][/one_half][fusion_text]Click edit button to change this text.[/fusion_text]

      • Ibnu Firnas (wafat 888) yang dianggap sebagai penemu pertama mesin terbang
      • Muhammad Ibn Musal Al khawarizmi (wafat 846) , bapak Aljabar dan algoritma – istilah dari barat ini merupakan penyimpangan dari namanya.
      • Abu Bajar ar-Razi/Rhazes  (846-935) yang karya medisnya Mansuri , Liber almansoris digunakan selama beradad-abad di universitas-universitas di eropa.
      • Filosof dan dokter Ibn sina /Avicena (980- 1073) yang ensiklopedi medisnya masih digunakan di universitas-universitas di eropa pada awal abad kesembilan belas
      • Al Hasan ibn Al –Haytsam / Al hazen (965-1039) penemu kamera obskura;
      • Abu Raihan Al Biruni (973-1050) , seorang jenius universal yang setara dengan Goethe, ahli sejarah ilmu pengetahuan, diplomat , pelajar bahasa Sanskreta, ahli astrologi, ahli mineralogy , ahli farmasi dan sebagainya.
      • Ummar Al Khayam (wafat antara  1123 dan 1131) penyair dan ahli Matematika. Dia juga memperbarui kalender India dengan ketepatan lebih tinggi daripada kalender Gregoria 1582
      • Ibn Rusyd Averroes, ahli hukum filsafat . Sebagai pengulas karya Aristoteles mempunyai pengaruh besar sekali pada filsafat Barat dan juga menemukan bintik pada matahari di waktu luangnya. Kompetensi Ibn rusyd dalam bidang yurispurdensi terutama hukum komparatif juga sangat mengagumkan.
      • Dokter Mesir Ibn An Nafis (wafat 1288) yang menemukan sirkulasi darah
      • Ibn Baththuthah (1304-13678 atau 1377), pengembara Maroko yang dapat disejajarkan denganMarco Polo, yang pernah pergi ke Timbuktu , Beijing dan Volga.
      • Ibn Khaldun dari Andalusia (1332 – 1406) yang karya pendahuluannya (Al Muqaddimahh ) untuk sejarah dunia (kitab al Ibar) menjadikan dirinya pendiri sosiologi dan historiografi modern dengan memperkenalkan kritik revolusioner terhadap sumber-sumber sejarah tradisional
      • Ahmad Ibn Majid , ahli Navigasi  pelayaran samudera dai abad ke 15
      • Ahli geografi Turki dan juga laksamana Piri Reis (1480-1553) yang karyanya Kitab I-Bahriye , dengan peta-peta lautnya yang rinci masih membuat kita tercengang-cengang dan koleganya sesama ilmuwan Seyyidi Ali Reis (wafat 1562) yang mengukur pantai-pantai di Asia dan mengembangkan astronomi kelautan

Daftar pendek ini saja sudah dapat membuktikan bahwa bukan bangsa-bangsa Barat yang mewarisi peradaban dunia,  melainkan dunia Islam. Mengingat ledakan pengetahuan dan teknologi yang terjadi di dunia Islam, tampaklah jelas bahwa pertukaran budaya di Abad Pertengahan itu seperti jalan  satu  jalur.

Sesungguhnya , kaum muslim  bahkan tidak dapat menemukan apa pun yang layak dipelajari dari Barat (Marshal Hodgson). Barat adalah importir mentah teknologi seperti “dari kincir angin  hingga lagu-lagu cinta dan lengkung-lengkung dalam bangungan Ghotic”.

Penjajahan budaya dan globalisasi satu sisi ini – dengan sendirinya meninggalkan jejak-jejaknya dalam berbagai bahasa Eropa. Jika kita menyebut kata admiral (laksamana), Al gebra(aljabar) cipher (kode),amalgam, alcohol, lute (suling) , guitar (gitar), Al cove (ruang kecil yang terpisah untuk tempat tidur atau meja kursi) , muslin (kain katun halus) atau tarif, berarti kita masih menggunakan kosa kata Arab hingga dewasa ini. Jadi Banggalah menjadi Muslim dan berniatlah agar anda sebagai salah satu peran penting saat ini yang kembalikan Islam di masa jayanya. (eramuslim)