Lombok Timur – Catatan perjalan bantunan relawan dan tim medis BM ABA di daerah yang terkena gempa, dimana kita melihat recovery wilayah masih berlanjut banyak tim dari berbagai lembaga kemanusiaan bersinergi dan membagi wilayah kerja agar hasilnya optimal.

 

Sejumlah obat-obatan sumbangan dari masyarakat yang telah sampai dan dipergunakan untuk mengobati masayarakat di dusun-dusun yang terkena efek gempa.

Sehabis sholat  subuh  dan setelah mengadakan jamuan minum kopi di rumah Pak Putri tim mulai berjalan menuju lokasi gempa yang telah di rencanakan, dimana program kali ini ialah pembagian sembako karna kita tahu akibat gempa kondisi pangan di sana sangat memprihatinkan dan juga medis karna masih banyak warga yang terkena penyakit dan luka-luka akibat gempa

 

Dokter Agus memberikan bantuan perawatan medis kepada masyarakat di wilayah gempa, dan berharap masyarakat kembali menjadi sehat dan bisa menjadi pertolongan pertama.

Setelah membagikan sembako , pada pukul 08.00 WITA ( Waktu Indonesia Bagian Tengah ) tim berjalan menuju Dusun Pedemekan dan di lanjutkan ke Puskesmas Belanting dan bertemu dengan petugas kesehatan di wilayah sana.Tim medis ABA juga memberikan bantuan kesehatan dengan dokter.

 

Tim Rescue ABA membantu evakusi rumah warga yang rusak akibat gempat, terlihat bersama warga bergotong royong membersihkan sisa-sisa puing.

Pukul 09.00 WITA Dokter Agus menuju Dusun Lang-Lang untuk pengobatan massal dan pembagian sembako lagi, kedua hal ini menjadi program yang rutin dilakukan karna masyarakat memang banyak terkena masalah kesehatan dan kurangnya makanan, hal itulah yang coba di atasi oleh tim relawan kemanusiaan.

Bapak Amak Putri  warga asli setempat yang rumahnya menajdi tempat tinggal tim medis dan Rescue ABA, beliau ikut terkena gempa Lombok dan begitu murah hati memberikan jamuan  dan pelayanan.

Pukul 11.30 Setelah memberikan bantuan tim kembali ke posko untuk melakukan sholat Jum’at di masjid Al Muhadjirin. Namun setelah selesai dan berisitirahat terjadi lagi gempa susulan.

Dan ketika menju waktu Ashar terjadi gempa lagi dan tidak terlalu besar, di sana dan namun masyarakat tidak terlalu khawatir karna selain terjadi di siang hari mereka sudah mulai memahami karakter gempa selain di pandu secara ilmiah oleh tim gempa

 

Dan setelah mendekati waktu magrib tim kembali ke Posko sampai isya berada di rumah Bapak Putri dan merasakan kehangatan yang ramah dari tuan rumah warga asli Lombok yang rumah nya juga terkena efek gempa

Di waktu Isya tim di bagi menjadi dua yaitu tim nya Bapak Yono menuju ke kota dan tim yang lainya kembali ke posko utama dan kami mengolah data serta berisitrahat untuk kegiatan esok harinya karna jadwal masih sangat banyak dan padat.

Dan kami masih sangat membutuhkan bantuan dari para donatur dimana banyak saudara kita di Lombok Timur yang kekurangan bahan sandang, pangan dan papan, dan bagi para donatur yang mau menyumbangkan  bisa melalu LAZ BM ABA , kami siap menerima dan menyalurkanya.

Salurkan Donasi Bantuan anda Bagi Lombok Timur melalui :
Rekening Bank BSM a.n Yayasan Abdurahman Bin Auf
No Rekening : 7000.359.313
Konfirmasi :  0812-1837-424