Palu – Kondisi gempa tsunami membuat berbagai fasilitas menjadi rusak parah.Instalasi air salah satunya dimana sambungan pipa ke atas gunung menjadi pecah sehingga aliran air kebawan untuk warga menjadi terhambat.LAZ BM ABA mengirimkan relawan bersama warga memperbaiki instalasi tersebut.

Lokasi pemasangan ialah Gunung Gawalisa dimana peruntukan air tersebut untuk Desai Silai dan Kalora di Kecamatan Ulujadi Kotamadya Palu. Warga sangat membutuhkan air ini untuk kebutuhan sehari hari mereka dan merupakan kebutuhan vital. Pelaksanaan di lakukan pada Hari Sabtu 13 Oktober 2018

Tim pun menyusuri perbukitan dan melakukan pengecekan jalur sambungan pipa. Terkadang relawan harus melewati celah yang sempit dan licin. Pipa tersebut di diperbaiki dengan cara di sambung.

Titik pipanisasi yang rusak harus di selusuri sepanjang perbukitan dan tim pun menyusuri dan melalukan pengecekan dari bawah menuju atas sumber air. Jalan setapak menggunakan langkah kaki di gunakan karna kendaraan bermotor sulit untuk lewat, dan jikalau dipakai pun tidak bisa dengan seksama melakukan pengecekan.

Pak Rahayuno Relawan LAZ BM ABA yang ikut terlibat disana memberi pernyataan bahwa,” Pipa dalam keadaan rusak dan kami berusaha mencari celah kebocoran dan memperbaikinya, ” ungkapnya.

Dengan plester khusus di gunakan untuk menambal kebocoran, dan terkadang ada beberapa pipa yang harus di pindahkan dan diganti.

Batu yang hancur dan menimpa jalur pipa air salah satu penyebab kebocoran dan kerusakan. Relawan ABA memperbaiki dengan mengangkat batu dan memberishkan jalur airnya.

Dalam pengerjaan ini di kerjakan oleh beberapa lembaga Relawan bersama warga.Jalur pipa ada yang menempel dengan bukit dan juga melintasi berbatuan dimana sistemnya mengaliri dari sumber mata air di atas gunung menuju tempat pemukiman warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *