Cibubur – LAZ BM ABA Jakarta mengirimkan perwakilanya untuk mengikuti pelatihan jurnalistik dan pembuatan video lapangan yang diadakan di Masjid Darussalam , Kota Wisata Cibubur. Acara yang diselenggarakan oleh OMOJ ( One Masjid One Jurnalist ) yang diikuti oleh beberapa lembaga.Acara ini diadakan pada Hari Sabtu, (10/8/2018 ).

Dalam acara tersebut didapatkan beberapa materi pelatihan yang menarik dan bisa memotivasi agar lebih meningkatkan lagi kemampunan potensi sebagai jurnalis, Materi tersebut antara lain ;

Pertama,  tentang urgensi media dalam dakwah yang disampaikan oleh Dudy T Sukardi dimana beliau menekankan bahwa  jurnalistik hal yang penting dan mempunyai porsi yang besar dalam optimalisasi pekerjaan.

” Tiap tahun pengguna Internet bertambah terus dan penggunaan smartphone telah mengalami peningkatan yang siginifikan, kita harus mampu mengoptimalkan hal tersebut agar kinerja lembaga kita menajdi maksimal,”ungkap Dudy.

Kedua, materi tentang penulisan lapangan yang di sampaikan oleh Ibnu Syabaat. Beliau adalah kolumnis senior yang menulis halama utama di majalah Hidayatullah. Dalam paparan materinya beliau menjelaskan tentang urutan teknik penulisan artikel yang baik dan mengikuti kaidah jurnalistik yang benar.

Dalam penulisan jurnalistik haruslah memiliki unsur 5w dan 1h , dimana hal tersebut merupakan hal penting dan harus ada dalam tiap tulisan, dan kemampuan sesorang itu haruslah di latih tiap hari agar menghsilkan tulisan yang bagus, ” Ungkap Ibnu.

Ketiga,  kegiatan pelatihan ini mendapatkan kunjungan spesial yaitu  dari Ahmad Djauhar dimana beliau adalah wakil ketua umum Dewan Pers Indonesia dan mantan Pemimpin Redaksi Harian Bisnis Indonesia.Beliau memaparkan tentang pentingnya kode jurnalistik dalam meliput berita,

Kode etik haruslah dimiliki tiap jurnalis dan prinsip kerja mereka harus mengikuti aturan yang berlaku, karna kerja jurnalis di lindungi oleh undang-undang.Dalam kerja harus menekankan prinsip yang berimbang,” unkap Ahmad.

Beliau menekankan banyak hal terutama tentang kode etik jurnalis yang berlaku di Iindonesia dan bagaimana kita harus memposisikan diri didalamnya.

Ketiga , materi tentang pembuatan video lapangan melalui smartphone dengan aplikasi Kinemaster. Sesi ini dipandu oleh Setyo Hadi Wiratmoko dimana beliau berpengalaman dalam membuat video dan dalam sesi ini diadakan teknik meliput video lapangan dan penggunaan aplikasi langsung dengan praktek lapangan.

Pembuatan video harus mempunyai kaidah-kaidah yang benar dan penggunaan audio dalam liputan mempunyai porsi penting sebesar 70%, maka gunakanlah smartphone yang bagus,” Ungkap Setyo

Acara ditutup dengan pemaparan hasil video lapangan dari para peserta dimana tim yang terbaik akan mendapatkan hadiah.  Video yang telah dibuat harus di upload ke Youtue dengn hastagg # OMOJDarussalam  agar kegiatanya menjadi viral.Di forum ini juga telah dibuat group Whatsapp untuk mempererat komunikasi yang terjalin dan catatan pelatihan ini menjadi gelombang yang ke tujuh. Harapanya akan menciptakan para jurnalis yang unggul dalam bekerja di lembaganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *