Jakarta – LAZ BM ABA menerima undangan dari KNSR untuk menghadiri  seminar tentang kejahatah HAM yang di lakukan oleh pemerintah Rohingya. Acara ini diisi oleh narasumber yang kredibel dibidangnya dan cukup dikenal kapabilitasnya.

Kegiatan berlangsung pada hari Rabu 14 Oktober 2018 di Wisma Antara Lantai 2. Jl. Medan Merdeka Selatan No.17 Jakarta.Acara yang berlangsung dari pukul 10.00 sampai 16.00 WIB di hadiri oleh Menteri Luar Negeri  yang memang berkepentingan atas masalah ini Ibu Retno Marsudi.

Dari LAZ BM ABA perwakilan dihadiri oleh Bapak Arman Saha yang mewakili Ketua yang berhalangan hadir.

Daftar beberapa pembicara yang hadir antara lain dalam undangan, namun Wakil Presiden Jusuf Kalla berhalangan hadir, dan semua pembicara menyampaikan isi materinya tentang masalah Rohingya.

KNSR menggelar kembali PUBLIC EXPOSE tentang ungkap Pelanggaran HAM Berat oleh Pemerintah Myanmar terhadap etnis Rohingya nara sumber yang akan berbicara adalah :
1. HM Jusuf Kalla ( Wapres RI) Tidak Hadir
2. Retno Marsudi – Menlu RI
3. Bambang Susatyo ( Ketua DPRRI)
4. Marzuki Darusman-Ketua TPF PBB
5. Usman Hamid ( Amnesty International)
6. NurSyahbani Katjasungkana ( Permanent People Tribunals)
7. DR Dina Wisnu (Dewan HAM Asean) (AICHR)
8. DR Heru Susetyo ( Ketua Tim Kajian Hukum dan HAM KNSR)
9. Syuhelmaidi Syukur -Presiden KNSR
10.kyaw win (pendiri dan direktur eksekutif burma Humans Rights Networks in london)

 

Mereka mempunyai paparan yang berbeda sesuai dengan latar belakang lembaga masing-masing. Namun mereka mempunyai satu kesamaan visi tentang pembantaian Rohingya yaitu :

1.Pidana perang
2.Pidana kemanusian
3.Genoksida (genosid),  sebuah pembantaian besar-besaran secara sistematis terhadap satu suku bangsa atau sekelompok suku bangsa dengan maksud memusnahkan (membuat punah)

Dan  besar harapan kami setiap kita bisa hadir dan memberikan dukungan di momen penting ini, semoga semua dukungan kita akan menjadi kebaikan kita dalam memperjuangkan nasib saudara kita di Rohingya.
Dan menyerukan kembali membatu saudara kita di Rohingya

Dan LAZ BM ABA telah memberikan sumbangsih nyata bagi program kemanusian Rohingya antara lain : Pembuatan sumur, Pembelian Genset Listrik, Pemberian hewan qurban, Santunan.

Semua program bantuan tersebut masih berjalan dan kami mendirikan relawan yang berasal dari bangsa Rohingya sendiri . Mereka menjadi perwakilan LAZ BM ABA dalam memberikan bantunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *