LAMSEL– Rabu, 9 Januari 2019, Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA) bersama dengan Jalinan Keluarga Dakwah (JKD) Lampung dan Fiqih Untuk Pemula (FUP) mengunjungi daerah terdampak bencana dan memberikan bantuan seragam sekolah, alat tulis, dan sembako di Pulau Legundi, Lampung Selatan.

Untuk mencapai lokasi tersebut relawan harus menyewa kapal dengan perjalanan yang cukup melelahkan kurang lebih 2 jam dari pelabuhan Ketapang, Pesawaran.

Sampai di Pulau Legundi, terlihat banyak rumah warga dan kapal nelayan yang rusak berat akibat terjangan tsunami, bahkan tidak sedikit pula rumah warga yang rata dengan tanah. Menurut laporan dari warga setempat, setidaknya ada 30 rumah rusak total, 24 rumah rusak berat, 87 rumah rusak ringan, dan terdapat 1 orang korban yang meninggal dunia.

Adapun bantuan yang dibawa relawan berupa : 20 paket seragam sekolah, 60 paket alat tulis, dan Sembako yang diserahkan langsung oleh Bapak Edi Setiyono selaku divisi pendayagunaan LAZ BM ABA. Bantuan itu merupakan sumbangan para dermawan yang dihimpun oleh JKD dan FUP Lampung, serta LAZ BM ABA.

Bantuan diterima oleh Bapak M. Hasan selaku Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Khoiriyah, Pulau Legundi dan juga Bapak Jawadiansyah selaku Ketua RT setempat.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak-Bapak relawan karena kami baru kali pertama ini diberi bantuan yang berupa seragam sekolah. Seragam murid-murid kami banyak yang hanyut saat terjadi tsunami”, ujar Bapak Hasan.

Bapak Hasan juga menuturkan ada muridnya yang trauma dengan kejadian tsunami sehingga mengungsi ke Hanura dan dia tidak mau kembali lagi sekolah di Pulau Legundi.

“Semoga bantuan ini bisa sedikit meringankan beban korban tsunami di Pulau Legundi ini dan dapat bermanfaat”, ujar Edi Setiyono. (*ali)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *