Lembaga Amil Zakat Baitul Mal Abdurrahman Bin Auf (LAZ ABA) menyalurkan 300 paket Bingkisan/THR/Paket Buka Puasa di Ponpes Ibnu Abbas, Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Jumat (1/6). Bantuan paket buka puasa dan santunan itu diberikan kepada ibu janda, fakir miskin, anak yatim, hingga ustad maupun ustadzah (Guru Ngaji).

Manajer LAZ ABA Choirul Anam S.Si. menyatakan, selama Ramadan 1439 H ini LAZ ABA mempunyai program mengucurkan bantuan 300 paket setiap Jumat. ”Kami sudah keliling di beberapa titik di Malang Raya dan ada 5 panti asuhan yang kami kunjungi,” ujar Anam kemarin (2/6). 

 


Memberikan tausiyah di masjid tentang pentingnya bersedekah

Selain menyalurkan donasi, dalam programnya, LAZ ABA juga menyisipkan syiar dakwah kepada masyarakat se-Malang Raya. Setiap kali menggelar santunan dan buka puasa, LAZ ABA selalu menghadirkan kyai/Ustadz untuk memberikan pemahaman agama Islam yang benar kepada masyarakat.

”Misalnya masyarakat di Donomulyo, Malang Selatan Jumat (1/6), beberapa dari mereka belum memahami rukun Islam dan tidak bisa mengucapkan syahadat. Karena itu, misi syiar agama ini gencar dilakukan karena kami juga ingin memberantas buta huruf Alquran dan al hamdulillah, dengan program Pondok Lansia dari LAZ ABA, sudah banyak masyarakat yang sudah mendapat pencerahan agama ,” ucapnya.

LAZ ABA juga mempunyai misi ingin mengubah mustahik (penerima zakat) menjadi muzakki (pemberi zakat). ”Kalau mustahik sudah sejahtera, otomatis dia akan menyalurkan zakat dan menjadi muzakki,” tandasnya.

Dengan misi tersebut, Anam yakin LAZ ABA akan lebih bermanfaat bagi seluruh umat. Anam juga menambahkan, LAZ ABA memiliki 7 program. Di antaranya, berupa program dakwah Islamiyah, kesehatan, pendidikan, ekonomi umat, santunan, tanggap bencana dan program insidental seperti Hari Raya Idul Adha. ” Dengan tujuh program ini, LAZ ABA ingin berperan aktif dalam mewujudkan Maslahat untuk Umat,” paparnya.

Berfoto bersama dengan masyarakat penerima THR 

Sementara itu, pimpinan Ponpes Ibnu Abbas, Ust. Fajar Abdurrachman menyatakan, bantuan yang diberikan LAZ ABA ini sangat bermanfaat bagi yatim, fakir, dan janda di wilayah ponpes. ”Manfaatnya besar bagi penerima,” katanya.
Ibu Setiarsi, salah satu penerima santunan, mengaku bersyukur atas pemberian LAZ ABA. ”Suami saya buruh bangunan dan kadang-kadang saya menjadi pengasuh bayi, alhamdulillah sekali ada kegiatan ini (pemberian santunan). Program ini sangat membantu kami memenuhi kebutuhan sehari-hari,” terangnya.

Sebagai informasi, bagi Anda yang ingin menyalurkan bantuan melalui LAZ ABA, bisa datang langsung ke Jalan Kediri 1D, Kota Malang. Atau bisa menghubungi 081333552808. Bisa juga transfer donasi ke no rekening Bank Syariah Mandiri 7000 359 313 a.n Yayasan Abdurrahman Bin Auf. dengan nomor unik : 200