Kegiatan Kami

Sukses, Perhelatan Mukerda VII LAZ BM ABA Lampung

AY JEPARA–Dalam rangka menjalin koordinasi, komunikasi, dan meningkatkan etos kerja di antara pengurus, LAZ BM ABA Lampung menyelenggarakan Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) ke-7 selama tiga hari pada Jumat — Ahad, 26 — 28 Oktober 2018.

Perhelatan besar yang diikuti 30 orang peserta dari berbagai wilayah di Lampung ini mengusung tema“Membangun Kesadaran Berorganisasi Guna Menggapai Goal Setting 2018” dan dilaksanakan di Masjid Al Furqon Labuhan Ratu Dua, Kecamatan Way Jepara, Lampung Timur, Lampung.

Mukerda dimulai pada Jumat malam pukul 21.00 WIB dengan Opening Ceremony oleh panitia, disusul sambutan-sambutan, dan pemilihan presidium sidang. Direktur LAZ BM ABA Lampung, Ir. Suprihadi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa mukerda kali ini bertujuan untuk membangun kesadaran berorganisasi bagi para pengurus dan fundriser agar senantiasa sinkron/seiring sejalan dalam gerak langkah antara pengurus di cabang dan di pokja.

Hari kedua (Sabtu, 27/10) mukerda dimulai dengan acara Taujih Subuh yang dibawakan oleh Ust. Sulton. Dalam taujihnya, Ust. Sulton mengingatkan seluruh peserta agar meluruskan niat dalam berjuang di LAZ BM ABA. “Mari kita luruskan niat hanya mengharapkan ridha Allah semata agar setiap pekerjaan kita bernilai ibadah di sisi Allah. Jangan ada pamrih untuk keuntungan dunia. Niat yang benar akan membuahkan keistiqomahan sehingga dapat mengantarkan tercapainya target lembaga (goal setting)”, ajak Ust. Sulton.

Selanjutnya, pukul 08.30 agenda mukerda dimulai dengan pemaparan materi dari Divisi Penghimpunan yaitu Ust. Hafidz. Dalam acara ini, sengaja dihadirkan Ust. Sutrisno yang ikut memberikan motivasi terkait penyadaran pengurus akan pentingnya berorganisasi. Penyadaran kembali bahwa tujuan awal didirikannya LAZ BM ABA untuk membantu umat yang membutuhkan dan memperjuangkan nasib mereka. Acara ini berlangsung hingga waktu dhuhur.

Setelah ishoma, pukul 13.00 WIB dilanjutkan dengan agenda Plant Of Action (POA) 2018. Progres masing-masing program yang dicanangkan sejak awal 2018 direviu, sudah tercapai berapa persenkah hingga Oktober 2018. Saat itu dibahas juga indikator keberhasilan dan analisis problem setiap program (9 program). Agenda ini memakan waktu cukup lama, dari pukul 13.30 s.d. 17.00.

Sesi malam diisi dengan Laporan Kegiatan dan Evaluasi Program dari masing-masing pokja mulai pukul 20.00. Acara penyampaian laporan ini dipimpin oleh Bapak Asep selaku moderator. Pada malam itu, ada dua pokja yang presentasi laporan, yaitu Pokja Metro dan Tulang Bawang Barat.

Hari ketiga (Ahad, 28/10) agenda mukerda diawali dengan Tausiyah Subuh oleh Ust. Sutrisno yang menjelaskan pentingnya seorang amil untuk berlaku adil dan seimbang. Karena, dengan keadilan / keseimbangan antara hak dan kewajiban akan menurunkan pertolongan Allah kepada lembaga BM ABA, yaitu keberkahan.

Agenda hari Ahad pukul 07.30 masih melanjutkan laporan masing-masing pokja tentang kegiatan dan laporan keuangan (penghimpunan, pendayagunaan). Secara bergiliran, setiap pokja mempresentasikan laporannya, mulai dari Pokja Lampung Tengah, Lampung Timur, Pesawaran, Lampung Selatan, hingga Pringsewu. Acara tersebut berlangsung sampai pukul 11.00 WIB.

Selanjutnya, pukul 11.00 s.d. 12.00 diisi dengan pemaparan informasi oleh Ust. Rizal dan Ust. Abdun Nafi’ terkait penawaran usaha dari PT Ozman tentang paket umroh ke Mekah. Usai ishoma, acara dilanjutkan dengan Problem Solving, yang berupa pertanyaan dan masalah yang dihadapi oleh pengurus pokja. Adapun narasumber yang bantu memberikan solusi adalah Ust. Abdun Nafi selaku Dewan Syariah beserta Direktur LAZ BM ABA Lampung, Ir. Suprihadi.

Mukerda VII diakhiri dengan hasil kesepakatan bahwa setiap pokja setor ke cabang sebesar 40 % dari penghimpunan kotak infak dan GSSS. Kemudian, diadakan pemberian reward untuk pokja yang berprestasi dengan rincian sbb:

*Katagori Pokja Terbaik dalam Penghimpunan Program Tanggap Bencana (Lombok & Palu)*
Juara 1: Pokja Lampung Timur
Juara 2 : Pokja Pringsewu
*Katagori Pokja Terbaik dalam Penyetoran Dana ke Cabang*
Juara 1 : Pokja Bandar Lampung
Juara 2 : Pokja Lampung Selatan

Alhamdulillah, semua acara mukerda berlangsung sukses berkat kerja sama peserta dan segenap panitia. Mukerda VII ditutup secara resmi oleh Bapak Suprihadi pada pukul 14.30 waktu setempat. (*dw)

*Tim Liputan :*
*Reporter : Dwi R. Susilo*
*Fotografer : Ali Nurdin*
*Editor : Raditya*

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

phone sms wa